Free Web Hosting Provider - Web Hosting - E-commerce - High Speed Internet - Free Web Page
Search the Web

.::SMP FRATER PADANG::.


 
Berita
 
HUT Ke-340 Kota Padang Tercinta
DB Fair 2009
Bagindo Aziz Chan
MOS 2009
Pekan Budaya Sumbar 2009
Prestasi Nasional
Relaksasi Guru & Karyawan
Dragon Fruit
Kunjungan Sosial
SMP Frater Menangis
Holistik
Ucapan Syukur
Piala Frater Cup 2009
Piala Pembangunan Cup
Pembukaan Frater Cup
Fun Bike
Perpisahan OSIS
Pekan Kreatifitas Sekolah
Pemilihan Pengurus OSIS
Team Basket
Peringatan HUT RI Ke-63
Pergantian KepSek
Majelis Guru Ke Sikuai
Peringatan 25 Th Uskup
Peringatan HUT Ke-80

Holistik (1)
(SLB di Tarandam)
Apa itu Holistik ? holistik secara umum mempunyai arti "menyeluruh". Dalam arti yang lebih sempit dipandang dari dunia pendidikan bisa didefinisikan sebagai kegiatan yang diadakan untuk pendidikan moral dengan melihat lingkungan yang ada, khususnya dengan melihat kekurangan orang lain.

Sekolah tentu bukan semata-mata demi terlaksananya proses belajar mengajar, melainkan juga sebagai tempat dalam mendidik para siswa demi suatu kematangan diri sebagai pribadi dewasa atau proses memanusiakan manusia. Konsep ini, lebih berguna dan bermanfaat jika bukan semata-mata bersifat "Ortodoksi" belaka, melainkan bersifat ortopraksis. Bangsa Indonesia saat ini sedang dirundung dengan berbagai macam persoalan, diantaranya yakni KKN semakin merajalela, distingsi yang kaya dan miskin semakin mencolok, dan rakyat yang terpinggirkan semakin membengkak. Semua persoalan ini terjadi, lebih disebabkan oleh hilangnya nurani kemanusiaan, rendahnya sikap yang humanis dan sosialis. Dari banyaknya persoalan yang melanda negeri ini, apakah kita sebagai warganya cuma duduk berpangku tangan dan membiarkan persoalan yang ada semakin parah atau kah kita bersikap untuk mencari jalan solusi dan langkah-langkah prefentif agar persoalan itu semakin diminimalisir? Sekolah dalam hal ini harus membuka mata untuk menanggapi situasi yang terjadi, dengan alasan bahwa sekolah sudah didaulatkan sebagai lembaga pendidikan, dalam melahirkan pribadi-pribadi yang dewasa (dalam berbagai sendi kehidupan). Berkaitan dengan konsep yang ada SMP Frater menyediakan waktu dan kesempatan bagi siswanya untuk menumbuhkan kepekaan sosial dalam suatu kegiatan yang disebut HOLISTIK. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini akan memberikan atau membuka potensi yang ada pada anak didik di SMP Frater, dengan melihat kekurangan orang lain secara fisik tetapi mampu memaksimalkan potensi yang ada dalam dirinya masing-masing. Sehingga diharapkan ke depan mampu memberikan sesuatu yang berharga dalam diri anak didik SMP Frater tersebut. Dengan mengukir prestasi akademik maupun non akademik di sekolahnya.
Dengan adanya kegiatan holistik diharapkan terjadi proses intropeksi diri dan perubahan dari moral, sikap dan prilaku. Berdasarkan hal itu, SMP Frater sebagai salah satu sekolah yang bertujuan menciptakan manusia yang berbudi luhur, pada tanggal 20 Maret 2009 para siswa-siswi kelas IX melakukan kunjungan ke Sekolah Luar Biasa (SLB) di Tarandam, dengan adanya kunjungan ini diharapkan dapat memberikan motivasi yang anyar, sehingga dapat memberikan pengaruh yang signifikan bagi siswa-siswi SMP Frater itu sendiri sehingga mereka semakin mengerti dan semakin sadar kemampuan yang ia miliki dan harus mampu memaksimalkan potensi yang dimilikinya.

"Yang seorang diberikannya lima talenta, yang seorang lagi dua dan yang seorang lain lagi satu, masing-masing menurut kesanggupannya"

Galeri Foto
...
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 



 
 

Copyright 2007 - 2008 IT SMP Frater Padang